Sabtu, 03 Februari 2018

Wali Sembilan



WALI SONGO


Walisongo adalah wali Alloh yang diturunkan untuk menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Di sebut walisongo karena jumlah walinya ada sembilan orang. Setiap wali mempunyai metode dakwah yang berbeda-dalam mengambil hati warga untuk memeluk agama Islam. Media yang saya buat mengenai tentang walisongo bagaimana seluk beluknya, cara berdakwahnya, dan hasil karyanya, semua bisa kita pelajari dibawah ini. Sebelum kita memulai saya akan menerangkan tentang bagaimana cara membuat medianya.

Kita siapkan bahan dan alat yang meliputi :
        kertas karton
·         gunting
·         lem gulkol
·         pisau
Setelah kita siapkan mari kita memulai cara membuatnya :
 
a.        potong gambar walisongo yang sudah diprint menggunakan gunting.
b.      kertas manila di potong panjang menjadi tiga bagian, kita gunakan pisau untuk memotongnya, karena jika menggunakan gunting akan terjadi ketidak lurusan. Kemudian lipat berbentuk segitiga menjadi dua bagian sebanyak sembilan potong ( sesuai jumlah walinya).
c.       Tempelkan potongan segitiga ke kertas karton menggunakan lem gulkol. Lalu letakkan dan temple gambar walisongo di atas segitiga tersebut.
d.      Buat potongan persegi panjang lalu kita berkreasi dibuat seperti pintu rumah. Tempelkan hasil karya, biodata, dan metode dakwah.

Cara menggunakannya yaitu kita menjelaskan ke peserta didik dengan cara kita memberi tahu siapa nama wali, lalu kita buka media dengan membuka salah satu pintu tersebut, kita terangkan dari biodata, metode dakwah, dan hasil karyanya.. dst.

Adapun kelebihan menggunakan metode ini yaitu warna kertas cerah sehingga peserta didik tertarik melihatnya dan cara menjelaskannya simple tidak rumit. 

Kekurangannya yaitu font ada yang kecil sehingga murid ada yang tidak jelas membacanya.





     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar